Bolmong

Pemkab Kerja Sama Dengan WHO Cegah Kusta

IMG-20170725-WA0016

BOLMONG–┬áPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan pertemuan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kuker) Team dari WHO dan (Kemenkes) serta Dinkes Bolmong Selasa (25/7), di ruang rapat lantai lll Kantor Bupati.

Dalam sambutannya Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah dan masyarakat Bolmong. Karena, kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan dan komitmen serta konsistesi dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit kusta.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan mr Yohei Sasakawa selaku President of Foundation. Dan team WHO serta Kemenkes, dalam bentuk perhatian di derah ini untuk mencegah kusta,” ungkap Yasti.

Pihaknya berharap kepada jajaran pemerintah, agar selalu berkomitmen dan meningkatkan kepedulian terhadap pencegahan penyakit kusta tersebut.

“Saya harapkan ada pengendalian dan pemberantasan, dengan cara mengawal program ini. Sehingga masyarakat bolmong betul-betul mengerti tentang penyakit kusta dan cara menanganinya,” harapnya.

Sementara itu President of Founfation Yohei Sasakawa menjelaskan, selama 40 tahun lebih pihaknya berkunjung ke berbagai Negara, tapi baru di Bolmong dia temui bupati yang mengenal penyakit kusta.

“Ya saya baru temui bupati hebat seperti ini. Bahkan, pernah juga saya temui di Negara lain bahkan Presidennya tidak mengenal pemyakit kusta ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dirinya sangat kiranya Dinkes dan seluruh stakholder terkait kesehatan agar dapat mensosialisasikan penyakit kusta ini.

“Saya berharap ada perhatian tentang pemyakit ini. Dan di pimpin ibu bupati yang luar biasa ini agar selalu proaktif mendeteksi penyakit. Untuk para pembimbing yang ada di bolmong agar di mohon menjalin kerja sama yang baik, ini demi orang banyak,” katanya.

Ditambahkan, dirinya beserta tim WHO sangat berterimah kasih atas penerimaan kepada mereka. Dengan jauh-jauh kami kesini kami lihat bolmong memang indah.

“Saya harap daerah bolmong ini terus menjalin kerja sama dengan Japan dalam hal menangani penyakit kusta ataw lain sebagainya,” tutupnya.

Yang turut hadir tim who dari Japan mr Yohei Sasakawa bersama team, Kemenkes dr Tiara Pakasi, ketua DPRD Welty Komaling, Asisten ll Sonda Simbala, Asisten lll I Wayan Gede, Kadis Sosial Lutfi Limbanadi, t Dinas provinsi Steven Dandel serta team Dinkes Bolmong. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close