BMRKotamobagu

Cegah Virus Zika, Warga Dihimbau Galakkan Gerakan 3M

Ilustrasi nyamuk aedes aegypti
Ilustrasi nyamuk aedes aegypti

ProBMR, Kotamobagu- Mengantispasi adanya penyebaran virus Zika Pemerintah Kota Kotamobagu dalam hal ini dinas kesehatan, menghimbau warga untuk menggalakkan gerakan 3 M yakni Menguras, Menutup dan Mengubur tempat yang menjadi sarang berkembanganya jentik nyamuk.

Menurut Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan, Dahlan Mokodompit penyebab virus zika tak jauh berbeda dengan DBD dan chikungunya. Penularanya melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

“Cukup dengan 3 M. Menguras, menutup dan mengubur tempat yang menjadi sarang berkembanganya jentik nyamuk. Itu salah satu cara pencegahan dini penyebaran virus zika. Meskipun belum ada laporan adanya penyebaran penyakit di ilayh Kotamobagu,” kata Dahlan, Kamis (5/2) kemarin.

Diterangkannya, tanda-tanda terinfeksi virus zika adalah, merasakan demam secara mendadak, lemas, kemerahan pada kulit badan, punggung dan kaki serta nyeri otot. Untuk itu ia mengingatkan masyarakat jika mulai merasakan gejala seperti itu, untuk segera mungkin mendatangi tempat-tempat pelayanan kesehatan.

“Infeksi virus zika tak menyebabkan penurunan kadar trombosit. Masa inkubasinya hampir mirip dengan infeksi dengue, yakni selama beberapa hari,” terangnya. (ddj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close