Bolmong

Tahlis Gallang Dilantik Kadis Koperasi dan UMKM Sulut, Inilah Profil Singkatnya

BOLMONG – Tahlis Gallang SIP MM dilantik menjadi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) oleh Gubernur Olly Dondokambey, Senin (11/12/2023). Kepada sejumlah wartawan gubernur mengatakan, Tahlis sudah pantas ke provinsi.  “Pak Tahlis dari Bolmong hampir semua daerah di Bolmong dia sudah rasakan. Makanya tarik ke provinsi agar lebih luas. Untuk menjalankan tugas kepala dinas koperasi,” kata gubernur. Sebelum menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Tahlis juga pernah menjabat Sekda Bolsel dan Sekda Kota Kotamobagu. Saat menjabat Sekda perdana di Kabupaten (Bolsel, alumni IPDN angkatan Lima ini V mampu menunjukan kemampuannya dalam bidang pengelolaan keuangan. Itu terbukti Kabupaten Bolsel mampu meraih opini WTP. Begitu pun saat ia menjabat Sekkot di Kota Kotamobagu, Tahlis juga menunjukan hal yang sama. Ia mampu menjadi leader dalam bidang pelaporan atas penggunaan dana kepada BPK RI.

Pada tahun 2018 setelah hengkang ke Kabupaten Bolmong, Tahlis bersama tim mulai menata carut marut  pengelolaan keuangan hingga persoalan aset. Terbukti atas kerja keras tim yang dibentuk, aset mampu diungkap. Bukan hanya terlibat di atas kertas, tapi ikut terlibat langsung menangani aset yang menjadi problem serius di Pemkab Bolmong. Masa-masa dramatis saat itu sudah dilewati. Tetapi jajaran Pemkab Bolmong terus berjuang untuk menunjukan bahwa mereka tidak tinggal diam. Semua jajaran terus bekerja dan berhasil membawa Bolmong meraih WTP. Tahlis sendiri sosok yang lebih banyak diam dalam bekerja. Bahkan Ia jarang terekspos di setiap momentum.

Bagi kalangan ASN, tokoh politik, akademi, tokoh masyarakat, LSM dan pers, nama Tahlis sudah tidak sudah tidak asing lagi.  Tahlis adalah seorang birokrat lulusan Institusi Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan ke V. Atas kemampuannya, tidak heran Ia dipercayakan sebagai Sekda di tiga daerah. Yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kota Kotamobagu dan saat ini menjabat Sekda di Kabupaten Bolaang Mongondow.   Tahlis pernah menduduki jabatan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tahun 2013 sampai tahun 2015, Sekda Kota Kotamobagu tahun 2015 sampai tahun 2017 dan terhitung mulai tanggal 08 Juni 2017, Tahlis menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Hal itu berdasarkan SK Bupati Bolaang Mongondow Nomor 821.2/B.03/BKPP/SK/15/2017. Dengan jabatan yang pernah ia emban tersebut, menjadikan Tahlis Gallang sebagai satu-satunya Birokrat di BMR yang pernah menjadi Sekretaris Daerah definitif di tiga Kabupaten/Kota di wilayah Bolaang Mongondow Raya. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close