Bolmong

Ujian di 222 SD se Bolmong Digelar dengan Prokes Ketat

BOLMONG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar ujian tatap muka untuk siswa Sekolah Dasar (SD), Senin (26/4). Kepala Disdik Bolmong Renti Mokoginta mengatakan, ujian sekolah tersebut merupakan salah satu syarat kelulusan. “Dilaksanakan serentak tatap muka di 222 sekolah baik swasta maupun negeri,” ungkap Renti. Pembukaan naskah ujian secara simbolis diketahui, dilaksanakan di SDN I Komangaan oleh Kepala Disdik sekaligus monitoring pelaksanaan ujian sekolah. “Ujian sekolah ini merupakan salah satu syarat kelulusan,” ujar Renti.

Menurutnya, dari total 222 sekolah dasar, terbagi 15 swasta dan 207 negeri, dengan jumlah siswa yang ikut ujua 4.049 peserta. “Ujian ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, termasuk pembatasan jumlah peserta di setiap ruangan,” imbuhnya. Syarat penentu kelulusan siswa bisa dengan mengadakan Ujian Sekolah (US).

Ujian sekolah lanjutnya, tidak hanya mengacu pada ujian tertulis, tetapi juga mencakup nilai raport dan prestasi yang dimiliki siswa selama menempuh pendidikan.

“Saat ini sekolah berperan sebagai penentu kelulusan siswa dengan berdasarkan evaluasi yang dilakukan guru. Sehingga penguasaan materi sangat bergantung dari cara siswa dan guru dalam memaksimalkan pembelajaran daring selama situasi darurat,” bebernya. Menurutnya, siswa juga akan tetap menerima ijazah tanpa mencantumkan nilai Ujian Nasional (UN). “Sekolah yang telah melaksanakan US dapat menggunakan nilai US untuk menentukan kelulusan siswa. Kelulusan SD/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Sementara nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan,” pungkasnya. (sal)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: