Bolmong

Bolmong Kasus Perdana Covid-19, Warga Diminta tidak Panik

BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) terkonfirmasi 1 kasus positif Covid-19. Dalam rilis resminya, juru bicara satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel mengatakan 24 kasus positif Covid-19 di Sulut berasal dari Minahasa, Manado, Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Tomohon. ”Untuk Kabupaten Bolmong merupakan satu kasus baru, yang tidak ada riwayat perjalanan dan kontak erat resiko tinggi,” kata Dandel.

Sementara dalam konfrensi pers yang digelar gugus tugas Covid-19 Bolmong, Rabu (20/5) malam ini, pasien 141 dari Bolmong itu berjenis kelamin perempuan, umur 54 tahun, alamat Desa Pindol Kecamatan Lolak. Juru bicara gugus tugas Covid-19 Bolmong dr Debby Kulo mengatakan, pihaknya mendapatkan konfirmasi dari gugus tugas provinsi siang tadi sekitar pukul 12.30 wita melalui pesan whatsapp, bahwa dari 157 spesimen yang diperiksa di Manado, ada satu spesimen dari RSUD Datoe Binangkang. ”Hasil swabnya positif. Pasien 141 ini sementara dirawat di RSUD Datoe Binangkang, masuk tanggal 6 Mei 2020, tidak ada riwayat perjalanan atau kontak erat resiko tinggi. Tapi, mempunyai anak yang mobilitas tinggi,” kata dr Debby. Lanjutnya lagi, setelah ditracking ada 6 orang yang kontak erat dengan pasien 141.

Direktur RSUD Datoe Binangkang ini juga melanjutkan, ODP ada tiga orang, dan satu PDP tinggal 1 orang. ”Sebelumnya dua orang PDP, namun satu sudah terkonfirmasi positif,” pungkasnya. Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bolmong dr Erman Paputungan mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti melakukan tracking malam ini juga ke Desa Pindol. ”Kami sudah berkordinasi dengan Camat Lolak untuk melakukan tracking. Besoknya kami juga akan melakukan swab test dan isolasi kepada orang-orang yang kontak erat dengan pasien 141,” kata dr Erman. Ia juga meminta bantuan kepada dinas terkiat untuk menyediakan kebutuhan pokok, kepada orang-orang yang akan disolasi di rumah mereka masing-masing.

Sementara itu asisten I Bolmong Deker Rompas mengatakan, pemkab akan maksimal membantu orang-orang yang diisolasi karena kontak erat dengan pasien 141, dengan menyediakan bantuan bahan pokok. ”Kami harap masyarakat tenang, tidak panik dan tetap waspada. Selalu memberikan dukungan moril kepada pasien dan keluarga, karena mereka juga tidak menginginkan ini terjadi. Semoga kasus perdana ini juga menjadi kasus terakhir di Bolmong” kata Deker. (sal)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: