Bolmong

Karyawan yang tidak Dirumahkan Wajib Dapat THR

Ramlah Mokodongan
BOLMONG— Sebanyak 110 perusahaan, yang beroperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diwajibkan, segera mejalankan kewajiban untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.
Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmong Ramlah Mokodongan. Menurunya, THR karyawan wajib dibayarakan satu minggu sebelum hari raya Idul Fitri. ”Satu minggu sebelum Idul Fitri, sudah seharusnya THR diberikam kepada karyawan,” tegas Mokodongan.
Menurutnya, disnakertrans seiap menerima pengaduan THR bagi karyawan yang tidak mendapatkan hak mereka sebagai karyawan. “Jika ada karyawan masih aktif yang tidak mendapatkan hak THR, silahkan melapor langsung ke Disnakertrans Bolmong,” tambahnya.

Lanjutnya lagi, karyawan di dua perusahaan besar PT. J-Resourcss Bolaang Mongondow (JRBM) dan PT Conch North Cemen Sulawesi dirumahkan. ”Ada sekitar 170 orang karyawan yang dirumahkan. Namun, setelah dikonfirmasi, manajemen PT Conch mengatakan akan memanggil karyawannya untuk bekerja kembali,” ujar Ramlah.

Sementara untuk perusahaan lain kata Ramlah, ada juga yang belum melapor ke Disnakertrans Bolmong terkait berapa jumlah karyawan yang dirumahkan maupun yang di PHK. “Ada juga perusahan sawit yang sedang membahas pengurangan karyawanya apakah dirumahkan atau di PHK. Imbauan kami, kalaupun ada yang di PHK, perusahaan harus membayar semua hak karyawannya,” kata Ramlah. (sal)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: