Kotamobagu

Perekrutan PPS Kotamobagu Lampaui 30 % keterwakilan Perempuan

Tes wawancara calon PPS oleh KPU Kotamobagu
Tes wawancara calon PPS oleh KPU Kotamobagu

ProBMR, Kotamobagu–   Rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kotamobagu melampaui 30 persen keterwakilan perempuan. Berdasarkan data KPU Kotamobagu, tercatat ada 31 orang dari total 99 PPS yang menduduki rangking tiga besar pada rekrutmen PPS tahun 2015.

“Bahkan yang menakjubkan serta membanggakan, ada dua Kelurahan yang semua anggota PPS-nya perempuan, yakni Kelurahan Matali dan Kobo Besar, dua-duanya berada di Kecamatan Kotamobagu Timur. Ini prestasi tersendiri mereka mampu menyaingi laki-laki pada tes kemarin,” kata Nova Tamon, Komisoner KPU Kotamobagu, Minggu (17/05) sore tadi.

Lanjut Nova, mudah-mudahan mereka bisa mengemban amanah ini dengan baik tanpa ada persoalan dikemudian hari. “Kami berharap perempuan bisa berbuat yang terbaik dan kalau perlu berprestasi dalam menjalankan tugasnya nanti.”

Dari data yang ada di KPU Kotamobagu, tidak sedikit kelurahan/desa yang kuota perempuannya bahkan berada di atas laki-laki. Sebut saja; Desa Sia, Kelurahan Kotobangon, Moyag Tampoan, Poyowa Kecil dan Kelurahan Gogagoman yang dihuni oleh dua orang perempuan.

“Yang pasti Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2015 ini merupakan ajang pembuktian kemampuan kaum hawa dalam menyelenggarakan pemilihan umum kepala daerah. Dan, kami sebagai penyelenggara ditingkat atas akan terus mengawal dan memberikan bimbingan bagi mereka agar tidak terjadi masalah dikemudian hari,” pungkas Iwan Manoppo, komisioner KPU Kotamobagu yang membidangi sosialisasi,  pendidikan pemilih dan sumberdaya manusia (SDM). (ddj/KPU)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: