BMRKotamobagu

SIKeMas, Aplikasi Layanan Publik Inovasi Diskominfo

Fahri Damopolii

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Satu lagi inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang digagas oleh  Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu. Aplikasi yang melayani pengaduan masyarakat tersebut diberi nama SIKeMas (Sistem Informasi Kelurahan Masyarakat ).

Kepala Data Center Pemkot Kotamobagu, Rudy Unu, mengungkapkan, saat ini SIKeMas sudah ada dalam Play Store.

“Sudah bisa download, tapi ada sedikit gangguan. Tapi kami pastikan lewat pukul 24.00 WITA (malam ini),  aplikasi ini sudah normal sampai dengan seterusnya,” ujarnya.

Kepala Bidang Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP) Diskominfo Kotamobagu, Moh Fahri Damopolii, mengatakan, sistem ini nantinya akan mengintegrasikan semua keluhan masyarakat, diseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk pelayanan di rumah sakit.

“Sistem kerjanya untuk setiap laporan, keluhan, saran yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi berbasis web/android ini, secara otomis akan di forward oleh sistem ke SKPD teknis untuk menunggu respon atau tanggapan, ” kata Fahri.

Fahri menjelaskan, dari hasil laporan melalui web tersebut,  SKPD teknis kemudian akan menindaklanjuti setiap laporan, keluhan atau saran dari masyarakat itu dengan jangka waktu penyelesaian sesuai tingkat permasalahan yang disampaikan.

“Setelah direspon atau ditanggapi, sistem pun secara otomatis akan mengirimkan respon atau tanggapan itu ke wall SiKemas yg bisa dilihat dan dibaca oleh masyarakat umum, ” jelasnya. (ddj)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: