Bolmong

DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Bolmong Tahun 2017

BOLMONG— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) gelar paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Bolmong tahun anggaran 2017.
Rapat yang gelar di ruang paripurna kantor DPRD Bolmong, Selasa (10/4) itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling yang didampingi Wakil Ketua, Kamran Mukhtar dan Abdul Kadir Mangkat. Serta dihadiri 20 anggota DPRD lainnya.
Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling mengatakan, paripurna ini digelar berdasarkan surat dari Pemkab Bolmong nomor 100/setdakab/01/25/III/2018 perihal permohonan penjadwalan penyampaian LKPJ Bupati tahun 2017. “Sesuai aturan perundang-undangan menyebutkan, kepala daerah dan wakil wajib menyampaikan LKPJ akhir tahun anggaran disampaikan ke DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” ungkap Welty.
Dia menambahkan, secara normative, LKPJ memiliki arti penting bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. “Ini dimaksudkan untuk peningkatan efisien, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggara pemerintah daerah melalui fungsi pengawasan DPRD,” tambahnya.
Lanjutnya, untuk memaksimalkan pembahasan LKPJ maka dengan mangacu pada PP Nomor 16 tahun 2010 maka DPRD langsung membentuk pansus LKPJ yang berjumlah¬†¬†13 orang dari masing-masing fraksi. “Pansus harus bekerja maksimal selama 30 hari kedepan, dan harus menetapkan poin-poin rekomendasi yang akan dituangkan dalam surat keputusan dewan. Selama pembahasan, pansus juga akan memanggil seluruh SKPD secara bergilir untuk dimintai keterangan,” jelasnya.
Sementara Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow juga menyampaikan sambutannya terkait penyampaian LKPJ tahun 2017. Sekadar diketahui, hadir di paripurna ini, unsur Forkopimda Bolmong,  Sekda Tahlis Gallang, para asisten serta, pimpinan SKPD serta segenap jajaran pemkab Bolmong. (Ind)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: