Bolmong

Berikut Kegiatan yang Digelar Bawaslu Bolmong Awal Tahun 2019

BOLMONG– Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolmong, patut diacungi jempol. Betapa tidak, Bawaslu Bolmong saat ini tampak tak main-main dalam menjalankan tugas mengawasi proses Pemilu di Kabupaten Bolmong.

Buktinya, Bawaslu Kabupaten Bolmong sampai saat ini terus aktif melakukan berbagai kegiatan serta tindakkan nyata terkait dengan pengawasan Pemilu di Bolmong. Hal ini bisa dilihat berdasarkan capaian Bawaslu Bolmong saat menyelesaikan senketa Pemilu, antara KPU Bolmong dan Partai PAN, bulan Ferbruari 2019 lalu.

Diketahui, dalam penyelesaian senketa pemilu itu, Bawaslu Bolmong telah mengambil keputusan untuk mengembalikan hak konstitusional, salah satu Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari Partai PAN yang sempat digugurkan KPU Bolmong karena pernah terkait kasus narkoba.

Hal itu diselesaikan Bawaslu Bolmong melalui sidang adjudikasi penyelesaian sengketa proses Pemilu, yang dipimpin Komisioner Bawaslu Bolmong Pangkerego, Jerry S. Mokoolang, dan Erny Mokoginta, Jumat (22/2) bulan lalu, di Kantor Bawaslu Bolmong.

Menyusul Maret bulan ini, sejumlah kegiatan digelar oleh Bawaslu Bolmong. Diantaranya, Rapat Kerja Teknis Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 pada Kamis, 7 Maret hingga Jumat (8/3), di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Kemudian, sejak Jumat 8 Maret hingga Sabtu (9/3), Bawaslu Bolmong melanjutkan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Tahun 2019.

Tak hanya itu, Selasa, (12/3) Bawaslu Bolmong juga menggelar, Sosialisasi Pengawasan Pemilu Netralitas Aparatur Sipil Negara Dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2019. Kegiatan itu, Sekaligus penandatanganan petisi netralitas ASN di lingkup Pemda Bolmong.

Menyusul, Sosialisasi Pengawasan Pemilu Tahun 2019 Bagi Aparat Desa dan Tokoh Masyarakat se Kabupaten Bolmong digelar, Rabu (13/3).

Menurut Kepala Sekretariat Bolmong Wahyudi Rauf, Kegiatan yang sudah berlangsung itu merupakan program penting yang harus dilaksanakan oleh Bawaslu Bolmong. “Ya, itu beberapa kegiatan di antara banyak kegiatan penting lain, yang sudah kita laksanakan dari awal tahun 2019. Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan baik,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Bolmong Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Jerry S. Mokoolang berharap, kegiatan ini dapat meminimalisir pelanggaran pada setiap tahapan Pemilu tahun 2019. “Sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu,” harapnya.

Ketua Bawaslu Bolmong, Pangkerego menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, disangkakan dengan pendatanganan petisi sebagai kesepakatan dan menjalankan fungsi pelayanan publik serta tidak berpihak ataupun melakukan kegiatan yang menguntungkan bagi peserta Pemilu.

“Nota kesepahaman ini sebagai tindak lanjut surat edaran Komisi Aparatur Sipil Negara dan edaran menteri pemberdayaan Aparatur Negara dalam menegakkan netralitas ASN. Juga sebagai wujud implementasi UU 7 tahun 2017, UU 5 tahun 2014, PP 53 tahun 2010, PP 42 tahun 2004, dan PP 11 tahun 2017,” katanya mengakhiri. (Ind/*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: