Aplikasi Simaya Mulai Diuji Coba

BOLMONG— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komukasi dan Informatika (Diskominfo) mulai pekan ini, rencananya akan menerapkan aplikasi Sistim Administrasi Perkantoran Maya (Simaya).
Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut setelah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi Simaya yang diselenggarakan oleh pusat TIK, Kementerian Kominfo RI di ciputat, Jawa Barat, pekan lalu.  “Ya, kita akan mulai mencoba aplikasi Simaya ini pekan ini,” ungkap Plt Kadis Kominfo Parman Ginano melalui Sekretaris Jenli Mongilong.
Dia menjelasakan, aplikasi Simaya ini merupakan suatu sistim untuk memudahkan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama di bidang administrasi pemerintahan. Msnurutnya, aplikasi ini memiliki kelebihan dapat mempercepat proses pengambilan keputusan sehingga mengefisiensi waktu, tenaga dan biaya. “Contohnya, seperti surat keluar tidak lagi mengunakan kertas. Namun, sudah harus melalui aplikasi Simaya. Aplikasi ini kita akan terapkan, tapi, sebagai awal di Dinas Kominfo. Sementara OPS yang lain belum dilakukan,” jelasnya.
Lanjutnya, jika aplikasi tersebut sudah berjalan maksimal, baru setelah itu akan diterapkan untuk semua OPD, karena kata dia, mamfaat dari aplikasi sangat baik untuk mempercepat proses pelayanan publik tanpa harus berada di kantor. Apalagi, aplikasi ini, dapat diakses dimana saja walaupun pimpinan tak ada ditempat, dan tanpa memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk, karena nantinya semua pejabat akan diberikan akun Simaya. “Jadi, aplikasi ini juga dapat meningkatkan efektifitas kerja, terutama menyangkut pendistribusian serta menghindari tercecernya atau hilangnya surat. Dengan pemamfaatan sistim ini, pengiriman dan pengecekan sudah sampai sejauh mana proses surat tersebut dapat dilakukan setiap saat tanpa harus mendatangi langsung instansi yang menjadi tujuan pengiriman surat. Sehingga dapat mengefisiensi waktu, tenaga, dan biaya,”  katanya mengakhiri. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: