Pemkab Tegaskan, Perusahan di Bolmong Wajib Berikan THR untuk Karyawannya

Ramlah Mokodongan
BOLMONG— Perayaan hari besar keagamaan umat Muslim Hari Raya Idul Fitri tak lama lagi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menegaskan, perusahan yang ada di Bolmong wajib memberikan Tunjuangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya.
Sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan bagi pekerja di perusahaan, serta Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 1981 tentang perlindungan upah.
“Semua perusahan yang ada di Bolmong wajib berikan THR kepada karyawannya. Di Bolmong ada 200 lebih perusahan yang wajib berikan THR,” ungkap Kepala Disnakertrans Bolmong Ramlah Mokodongan kepada ProBMR.com baru-baru ini.
Dia menambahkan, untuk pemberian THR harus sesuai aturan. Misalnya kariawan yang telah bekerja lebih dari 12 bulan pemberian THRnya satu bulan gaji sesuai dengan gajinya. Sedangkan yang bekerja dibawah 12 bulan tergantung perusahan dan diberikan secara proporsional saja,” harapnya.
Memang kata Ramlah, harus diakui bahwa ada banyak perusahan kecil di Bolmong yang tidak mampu bayarkan gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP). Apalagi pemberian THR yang juga harus satu kali gaji. “Itu kita juga harus maklumi, apila perusahannya masih terbilang kecil. Pemilik perusahan juga harus memperhitungkan pendapatan, namun kalaupun ada yang mau bekerja pasti sudah ada kesepakatan antara pihak perusahaan dan pekerjanya terkait upah,” katanya.
Dirinya mengimbau kepada karyawan untuk melaporkan jika ada perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawannya. “Jika kedapatan perusahaan tidak memberikan THR, maka akan diberikan sanksi sesuai aturan tertulis bahwa tidak memenuhi aturan. Disnakertrans terbuka lebar di kantor untuk menerima laporan terkait aduan karyawan,” imbaunya. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: