Bupati Audiens Bersama Masyarakat Dumoga

BOLMONG— Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo Mokoagow menggelar audiens dengan masyarakat Kecamatan Dumoga. Pada kegiatan yang dipusatkan di Desa Pusian Induk, Kecamatan Dumoga, Senin (5/3) itu, Bupati memberikan 3000 penerima sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2017. Yang secara simbolis diberikan kepada sepuluh orang perwakilan.
Ini sebagai bentuk upaya menyampaikan berbagai program kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bolmong serta untuk mendengarkan langsung usulan serta harapan dari masyarakat.
Penyerahan PTSL merupakan tindaklanjut instruksi Presiden RI Nomor 2 Tahun 2018 jo Permen Agraria Tata Ruang BPN RI Nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL.
Ribuan masyarakat Dumoga bahkan dari kecamatan tetangga tampak begitu antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Bolmong ini.
Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan informasi berbagai capaian kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan yang saat ini menjadi skala prioritas Pemkab Bolmong. “Tahun ini kita fokus pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan serta kesehatan,” ungkap Bupati.
Ditambahkan, apa yang menjadi usulan dalam Musrenbang Kecamatan baru-baru ini, akan dikemas lewat sistem perencanaan elektronik (e-planning). Dengan begitu, semua usulan tidak akan hilang dari perencanaan. Hanya saja kata Bupati, yang dikedepankan adalah kegiatan yang menjadi skala prioritas utama yang singkron dengan visi misi pemkab bolmong. “Tapi jangan khawatir. Karena kalau belum dianggarkan tahun depan, maka tetap dianggarkan tahun berikutnya.  Yang jelas dengan sistem e-planning, semua usulan saat musrenbang  tidak akan hilang,” tutur Yasti.
 
Sementara itu, sejumlah perwakilan masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya serta menyampaikan usulan langsung kepada Bupati. Spontan, berbagai usulan seperti pembuatan infrastruktur jalan dan jembatan, pembuatan pasar, normalisasi sungai, bantuan pertanian, bantuan sosial RTLH, harga jual komoditi pertanian dan perkebunan yang cenderung rendah serta berbagai usulan lainnya disampaikan ke bupati.
Saat itu juga, semua usulan dan pertanyaan langsung dijawab oleh Bupati. Masyarakat pun mengaku puas dan mengapresiasi digelarnya audiens bersama bupati. “Kami bangga kepada ibu bupati yang sudah turun langsung dan mendengarkan bahkan langsung menjawab keluhan kami. Semoga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat diwujudkan,” kata Hardi Tongkasi, warga Desa Pusian Barat.
Sekadar informasi, kegiatan tersebut, turut dihadiri Sekda Bolmong, Tahlis Gallang bersama jajaran pimpinan SKPD Pemkab Bolmong, Kepala BPN Bolmong, Tommy Masi bersama jajaran dan Forkopimcam. (Ind/Adve)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: