Wali Kota Resmikan Pembangunan Infrastruktur di Desa Bungko

Wali Kota Ir. Tatong saat memberikan sambutan.

 

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Sejumlah bangunan yang dibiayai oleh Dana Desa (Dandes) di Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (22/1) diresmikan oleh Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara.

Tatong dalam sambutannya mengatakan, dalam proses pembangunan infrastruktur desa dengan menggunakan anggaran dana desa wajib melibatkan masyarakat sesuai amanat Presiden Joko Widodo.

“Anggaran dana desa tahun ini naik tiga kali lipat dari anggaran sebelumnya. Sehingga proses pembangunan akan semakin baik. Anggaran ini mutkak digunakan untuk membangun sampai ke pelosok. Namun, tidak dibolehkan untuk dikontrakkan pengerjaannya, harus diswakelolah ke masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat,” kata Tatong.

Tatong menjelaskan, dengan total anggaran mencapai Rp3 miliar, prospek pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa dengan melibatkan masyarakat, harus dapat dirasakan oleh keseluruhan masyarakat itu sendiri.

“Kenapa harus diswakelolah, agar semua masyarakat dapat merasakan anggaran yang masuk yang tidak dibawa oleh pihak ketiga. Anggarannya bisa dimanfaatkan semua masyarakat. Misal, tukang atau pekerja bisa diambil dari warga itu sendiri. BUMDES juga harus dimanfaatkan. Tidak boleh diberikan ke pihak ketiga,” ujarnya.

“Bisa kita menggunakan pihak ketiga, kalau pengerjaan tidak bisa dikerjakan oleh masyarakat. Namun tetap melibatkan masyarakat, tidak boleh tidak,” tegas Tatong.

Ia berharap, pembangunan infrastruktur penunjang di setiap desa bisa terlaksana dengan baik dan tetap waktu.

“Semoga dengan anggaran yang besar ini, fasilitas yang dibangun akan mampu dimanfaatkan secara baik dan bisa mempermudah masyarakat kita,” katanya. (ddj)

 

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: