Anggota PPK dan PPS Bolmong Harus Bebas Intervensi Partai

Pangkerego
Bolmong— Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bolaang Mongondow (Bolmong) harap, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmong betul-betul selektif dalam memilih anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berintegritas dan bebas dari intervensi partai.
“Kami berharap kepada KPUD untuk betul memilih orang yang tepat memiliki integritas dan bersih dari intervensi pihak peserta Pemilu 2019. Sehingga profesionalitas serta kolektivitas internal penyelenggara dapat menjalankan tugas sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 7 tahun 2017 terutama amanat PKPU No. 3 2018,” ungkap Ketua Panwaslu Bolmong Pangkerego.
Ditambahkan, mereka harus mampu melaksanakan tugas dengan baik. Apalagi ini terkait dengan hak politik masyarakat dalam memilih wakilnya di 2019 nanti. Katanya, tanggung jawab penyelenggara sangat bergantung pada sumber daya manusia yang akan dipercayakan sebagai pelaksana Pemilu, terutama kelangsungan tahapan Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden. “Selain itu kata dia, pihaknya dari Panwaslu dan Panwascam tentunya juga akan selalu melakukan pengawasan terkait tahapan-tahapan Pemilu sebagaimana diamanatkan dalam Perbawaslu No. 2 tahun 2017 tentang pengawasan,” jelas Pangkerego.
Terkait dengan pendidikan politik bagi masyarakat, Panwaslu Bolmong berharap kepada peserta Pemilu yang telah dinyatakan lolos verifikasi dan telah melalui proses penentuan nomor urut parpol dapat melalui proses tahapan dengan pendidikan politik yang berintegritas pula dengan menjunjung tinggi asas demokrasi luber dan jurdil, dan dapat bersaing secara sehat. “Sehingga marwah demokrasi kita terjaga sebagaimana amanat UUD tahun 1945 yang tertuang dalam Undang-Undang Pemilu yang berlaku. Serta tidak mengesampingkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, cerminan Pemilu yang sehat dan berintegritas tentunya mengarah pada kemajuan dan pembangunan di daerah,” katanya mengakhiri. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: