Sekda Hadiri Pelaksanaan Musrenbang di Dumoga

BOLMONG— Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) berfungsi sebagai forum untuk membahas hingga menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan, tentang rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang menitikberatkan pada pembahasan untuk sinkronisasi rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja-SKPD) antara Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pencapaian tujuan pembangunan daerah.
Hal itu, dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang SIP MM saat membuka Musrenbang Kecamatan Dumoga Tenggara dan Dumoga Utara  Selasa (13/2). Hal serupa juga terus disampaikannya saat membuka Musrenbang di beberapa kecamatan Dumoga Raya yang melaksanakan Musrenbang.  “Jadi, Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2018,” ungkap Sekda.
Selain itu kata Tahlis, penyusunan rancangan RKPD dilakukan melalui proses pembahasan yang terkoordinasi antara Bappeda dengan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) melalui penyelenggaraan Musrenbang ini. “Nantinya kita akan evaluasi permasalahan terkait realisasi program-program tahun sebelumnya,” tambahnya.
Sehingga lanjut Tahlis, dalam pembahasan yang dilakukan bersama antar para pemangku kepentingan, disepakati langkah-langkah penanganan masalah yang tertuang dalam program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah. “Hingga pada akhirnya menjadi dasar penyusunan Program Kegiatan Prioritas yang akan disusun oleh SKPD pada KUA PPAS tahun 2018,” jelasnya.
Terpisah, Camat Dumoga Tengah Rahmat Irmansyah Makalalag, mengatakan Kamis (15/2) adalah jadwal Kecamatan Dumoga Tengah dan Dumoga Barat melaksanakan Musrenbang dan dibuat di masing-masing kecamatan. “Di Dumoga Tengah sudah selesai, dan kami terus berfokus pada program prioritas Pemkab Bolmong yakni, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan,” jelas Makalag.
Ditambahkan, di Kecamatan Dumoga Tengah semuanya sudah rampung, baik dari program desa-desa, hingga ke kecamatan, yang nantinya dierahkan ke Kabupaten. “Ya, Musrenbang di Kecamatan Dumoga Tengah sudah berjalan baik, tingal menunggu tahapan selanjutnya. Untuk Musrenbang di Dumoga Raya, akan selesai pekan ini,” katanya mengakhiri.
Sekedar diketahui, Musrenbang ini melibatkan perangkat Desa, Perangkat Daerah Bolmong, dan dihadiri perwakilan DPRD Bolmong. (Ind/Adv)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: