Dinas Koperasi Sediakan Program untuk Pengusaha Muda di Bolmong

Ofir Ratu
BOLMONG— Para pengusaha muda di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), patut berbangga. Pasalnya, Pemkab Bolmong, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyiapkan program bagi para pengusaha muda demi menghidupkan koperasi untuk 2018.
“Ya, untuk menhidupkan koperasi di Bolmong, para pengusaha muda di bawah 45 tahun, untuk segera mengurus surat izin usaha miliknya. Surat telah kami teruskan ke semua kecamatan yang akan dilanjutkan ke sangadi-sangadi, karena untuk menunjang program ini, mereka harus ada surat izin usaha,” ungkap Plt Kadis Koperasi dan UKM Ofir Ratu.
Program pengurusan izin usaha ini menurutnya, adalah inisiatif dari Dinas Koperasi. Dimana, pemberdayaan usaha mikro berdasarkan Perbup nomor 32 tahun 2015, tentang pemberian izin usaha kepada pelaku UKM terutama pada pengusaha berumur 45 tahun ke bawah. “Nantinya mereka yang mengurus surat izin usaha masih dapat dibimbing, dibina dan berkembang. Targetnya 1.000 izin usaha yang rencananya dilaunching pada 23 Maret 2018 saat acara HUT Pemkab Bolmong,” katanya.
Jenis usaha yang dimaksud lanjutnya, warung, bengkel, tempat air isi ulang, tampal ban, dan usaha kecil lainnya. Katanya, ketika izin usaha terpenuhi maka akan dipanggil mengikuti bimtek untuk diarahkan membentuk koperasi. “Manfaat izin usaha mikro dan kecil yang akan diterbitkan oleh sangadi dan camat dan bisa terbantu juga lewat KUR. Selain itu, terdaftar atau diinput pada, Sistem Informasi Kredit Program (SIKP), dan nama-nama terinput otomatis di sistem, sehingga banyak kemudahan yang bisa didapat oleh para pengusaha mudah ini,” kata Ratu mengakhiri. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: