Inilah Wilayah di Bolmong Terdampak Banjir dan Longsor

BOLMONG— Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kahir-kahir ini, sebabkan beberapa wilayah di Bolmong terdampak banjir dan tanah longsor.
Rabu, (7/2) kemarin, sekira pukul 15.30 Wita Sungai Ongkag Poigar meluap  hingga menggenangi pemukiman warga.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bolmong Haris Dilapanga mengatakan, sejak menerima Informasi dari pemerintah kecamatan maupun desa via call center, pihaknya langsung merespon dengan mengirim personil TRC-PB untuk melakukan assesment di lapangan bersama Intansi terkait. “Saat ini sedang perampungan data karena luasnya cakupan bencana yang tersebar di Tiga kecamatan untuk pemberian bantuan logistik berupa kebutuhan dasar,” ungkapnya.
Tak hanya itu, selain terjadi banjir, bencana tanah longsor yang memgakibatkan jalan putus juga terjadi di ruas Jalan Mondatong – Pomoman, Kecamatan Poigar di hari yang sama pada pukul 19.30 Wita. “Akses transpotasi dari Desa Mondatong menuju Desa Pomoman sepanjang kurang lebih 50 meter.  Selain itu, putusnya aliran listrik dan menyebabkan Desa Pomoman,” jelasnya.
Terkait ini, dirinya menuturkan pihak BPBD sudah melakukan assesment dan koordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut. “Saat ini juga Pemerintah Daerah sedang mengupayakan pembuatan jalan alternatif dengan alat berat excavator untuk pemberian bantuan kesehatan dan logistik ke Desa Pomoman.  Akses menuju Desa Pomoman harus melewati Delapan aliran sungai dengan kondisi sungai sedang meluap,” jelasnya.
Dirinya mengimbau kepada masyarakat Bolmong untuk terus mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hinga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bolmong. “Diimbau supaya masyarakat terus waspada dengan cuaca seperti ini. Apalagi mereka yang tingga di wilayah rawan terjadi bencana. Hingga saat ini juga, tim terus di lapangan melakukan penganganan,”  katanya mengakhiri.  (Ind)
Daerah Terkenak Bencana Banjir/Luapan Sungai:
 
Kecamatan Lolak
   Desa Lolak
   Terdampak
    Dusun 5 :
     – 41 Rumah 
     – 56 KK
     – 224 Jiwa

     Dusun 6 :
      – 15 Rumah
      – 21 KK
      – 84 Jiwa
  Desa Diat:
  Terdampak
   Dusun 3
   40 Rumah
     – 40 KK
     – 126 Jiwa
    Dusun 2
      – 37 Rumah
      – 41 KK
      – 123 Jiwa
   Kecmatan Bolaang Timur
     Desa Bantik
     Desa Lolan II
    Terdampak :
     Data dalam perampungan
     Penyebab :
    Tingginya Intensitas curah hujan serta.               buruknya Drainase
  Kecamatan Poigar
    Desa Nonapan I
    Desa Nonapan II
    Desa Nonapan Baru
    Desa Mariri Baru
    Desa Poigar I
    Desa Poigar III
    Terdampak :
     Data dalam perampungan
Sumber BPBD Bolmong.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: