Penggunaan ADD dan Dandes 2017 Akan Diperiksa Tim Auditor Inspektorat Esok

Rio Lombone SSTP MH
BOLMONG— Audit tahap II pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) tahun 2017 akan dilakukan¬†Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Inspektorat Daerah, mulai Kamis (8/1) esok.
Inspektur Daerah Rio A Lombone S.STP MH. Mengatakan, inspektorat juga akan mengaudit Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) pengelolaan administrasi keuangan para perangkat Desa, di 200 Desa se Bolmong. “Ya, jadi mulai tim auditor inspektorat akan turun untuk melakukan pemeriksaan terhadap pemanfaatan Dandes dan ADD 2017 mulai esok. Selain itu, ada juga tata kelolah administrasi dari jajaran pemerintah desa yang akan diperiksa,” kata Rio, Rabu (7/2).
Dengan adanya berbagai laporan warga di sejumlah desa jelas Rio, akan menjadi perhatian inspektorat. Bahkan katanya, pihaknya akan melakukanPemeriksaan Khusus (Pemsus). Guna mengetahui dengan pasti apakah ada penyalahgunaan ADD maupun Dandes. “Ini adalah langkah antisipasi, agar Pemerintah Desa dapat memamfaatkan serta mempertanggungjawabkan pengelolaan ADD dan Dandes,” jelasnya.
Dia menambahkan, jika ditemukan adanya kejanggalan penggunaan ADD dan Dandes, misalnya proyek atau pengadaan fiktif, pihak Inspektorat akan melaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Kita akan rekomendasikan ke BPK jika ada penyalahgunaan. Yang pasti Pengguna Anggaran (PA) harus bertanggung jawab baik secara administrasi atau pun Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Jika tidak mampu bertanggung jawab dengan batas waktu selama 60 hari setelah LHP keluar, maka akan berurusan dengan APH,” tegasnya.
Lanjutnya, untuk pemeriksaan tahap kedua ini, Inspektorat akan menurunkan 19 orang tim auditor yang telah mengantongi sertifikat Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Selain itu, mereka akan dibagi menjadi empat tim dan turun selama 30 hari terhitung mulai esok di 15 Kecamatan.
“Pihak kami akan memaksimalkan SDM dan waktu yang ada. Beharapkan pada saat pemeriksaan nanti, Pemerintah Desa dapat bekerja sama dengan baik,” tutupnya. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: