Bahagia Itu Sederhana di Merauke

a35fad01-e7f6-4452-90d1-de2b93d0b5ab_43

Jika hiburan di kota-kota besar adalah mal dan bioskop, maka berbeda di Merauke, Papua. Hiburan dan kebahagiaan di sana adalah bermain di alam liar.
Bulan Mei kemarin, detikTravel bergabung dengan Tim Tapal Batas detikcom untuk menjelajahi Merauke, Papua. Suatu wilayah di ujung timur Indonesia.

Salah satu lokasi yang didatangi adalah Taman Nasional Wasur. Taman nasional yang punya luas mencapai 413 ribu hektar, berjarak sekitar 2 jam dari pusat Kota Merauke.
Soal fauna selain kanguru yang paling tersohor, taman nasional ini juga jadi rumah bagi para reptil seperti ular, rusa, hingga 403 spesies burung dengan 74 spesies diantaranya endemik Papua dan diperkirakan terdapat 114 spesies yang dilindungi.

Ada beberapa objek wisata di sana, yang paling terkenal adalah Distrik Sota yang merupakan perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Namun tak jauh dari pintu masuknya terdapat suatu kolam alami yang luas, yang airnya berasal dari rawa dan sungai. Biras namanya.

“Itu salah satu objek wisata paling populer buat warga Merauke. Cantik pemandangannya, bagus buat foto-foto,” kata Kepala Balai Taman Nasional Wasur, Donal Hutasoit saat detikTravel menemuinya di kantornya.
Biras ada di kanan jalan. Rombongan kami langsung turun dari mobil dan memotret keindahannya. Sebenarnya Taman Nasional Wasur sendiri didominasi oleh lahan basah. Maka tak heran, banyak rawa-rawa yang seolah membentuk kolam alami seperti ini.

Panorama air yang tenang kecokelatan dan deretan pepohonan membuat Biras terlihat elok. Ada gazebo di atasnya untuk bersantai. Kala itu, beberapa anak muda setempat terlihat asyik bermain air. Byur…
“Di sana memang dijadikan tempat untuk berenang. Yah tak banyaklah hiburan di sini, jadinya main-mainnya di alam,” ungkap Ronal.

“Tapi bisa dilihat bukan, dengan bermain alam itu bikin orang-orang senang dan bahagia. Bahagia di Merauke ini sederhana ya?” tambahnya sambil tersenyum.

detik.com

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: