Wabup dan Sekda Hadiri Perayaan Kulipot di Mopait

19598911_782323818605765_600273636375049654_n

BOLMONG – Merupakan ide masyakat Desa Mopait Kecamatan Lolayan sejak tahun 2011 , untuk mendongkrak kearifan lokal dan moment pasca hari raya Idul Fitri sebagai ajang halal bil halal, dengan mengangkat kuliner khas Bolmong yakni kulipot. Tradisi Lebaran Kulipot bahkan telah diperdeskan sejak tahun 2012 oleh desa Mopait , dengan tujuan antara lain mengangkat kearifan lokal budaya Bolaang Mongondow dari degradasi budaya asing. lebaran kulipot juga sebagai sarana menyambung tali silaturahim antar warga masyarakat sesuai dengan filosofi orang Bolaang Mongondow tentang persaudaraan dan kebersamaan.

Perayaan Lebaran Kulipot yang dirangkaikan dengan Halal Bil Halal tingkat kecamatan Lolayan, sehubungan Hari Raya Idul Fitri tahun 1438 Hijriah kali ini dihadiri oleh jajaran Pemkab Bolmong , yang dipimpin Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk STh MM dan Sekda Tahlis Galang SIP MM. Wabup mengatakan, moment lebaran Kulipot dan Halal Bil Halal merupakan ajang silaturahmi untuk lebih memperkuat komitmen dan tekad guna lebih meningkatkan kualitas Iman dan Takwa kepada Allah SWT.

IMG_2891

”Kami akan mengusulkan, acara Kulipot ini dijadikan agenda daerah dan dianggarkan lewat APBD,” kata wabup.
lanjutnya, untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan wilayah demi tercipta suasana kondusif. Jalin silaturahmi serta pererat tali persaudaraan, sehingga tercipta solidaritas sesama umat beragama. Hidupkan kembali sangat Momosad dalam kehidupan bermasyarakat serta melestarikan kebudayaan daerah. Perayaan Kulipot juga dihadiri para pimpinan DPRD, Asisten II Pemprov Sulut Rudy Mokoginta dan sejumlah pimpinan OPD Bolmong. (sal/adv)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: