40 Pejabat Administrator Ikut Diklat Pim III

IMG_20170619_123521

BOLMONG— Sebanyak 40 Pejabat administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow  (Bolmong), resmi mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan (PIM) Tingkat III di Lingkungan Pemkab Bolmong Pola Kemitraan dengan Badan Diklat Provinsi Sulut 2017, Senin (19/6), di kantor Bupati Bolong.

Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara  Nomor 19  Tahun 2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III. Serta Surat Deputi Bidang Diklat Aparatur Sipil Negara Nomor 1626/D.2/PDP.03.6 tanggal 13 Juni 2017 Hal Izin Prinsip Penyelenggaraan Diklat PIM III.  “Pelaksanaan kegiatan Diklat PIM Tinglat III ini, akan berlangsung selama 93 hari kerja atau 857 jam pelajaran dengan rincian 254 jam pelajaran untuk pelajaran klasikal atau pelaksanaan di dalam kelas dan 603 jam pelajaran atau 67 hari kerja non klasial atau pelaksnaan di tempat kerja. Untuk tempat pelaksanaan di Hotel Tamasya Kotamobagu,” ungkap Kepala Bidang Bankir BKPP Bolmong Aldi Pudul saat menyampaikan laporan panitia.

Ditambahkan, keberadaan peserta  pada Diklat PIM Tingkat III ini, merupakan Pejabat Eselon III di Lingkungan Pemkab Bolmong. “Jadi, dari Dinas ada 16 orang, Badan 6 orang, Kecamatan 12 orang, Sekretariat Daerah 2 orang, Inspektorat 2 orang, serta Sekretaria DPRD 2 orang,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang saat membuka Diklat PIM Tingkat III tersebut, menyampaikan, dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III atau pejabat administrator, dituntut untuk dapat memainkan peranan yang menentukan dalam menangani isu-isu strategis, yang memerlukan penanganan lintas kementerian, lembaga atau lintas wilayah bahkan antar negara. “Di samping itu, sudah menjadi tugas pejabat struktural eselon III untuk meningkatkan kinerja sektor atau wilayah yang dipimpinnya, melalui penetapan visi atau arah kebijakan daerah yang tepat fungsi dan tepat sasaran,” kata Tahlis.

Tugas ini menuntut pejabat administrator untuk memiliki kemampuan yang tinggi dalam memimpin pejabat struktural dan fungsional di bawahnya, termasuk pemangku kepentingan lainnya agar dapat lebih termotivasi untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan, dalam mewujudkan visi dan misi kepala daerah, yang dijabarkan ke dalam visi dan misi di setiap instansi masing-masing, untuk kemudian dijabarkan lagi ke dalam program dan kegiatan setiap perangkat daerah. “Sekaligus dituntut untuk mampu memimpin bawahan dan pemangku kepentingan yang terkait, agar dapat melaksanakan berbagai program dan kegiatan tersebut secara efektif dan efisien,” tambahnya.

Lanjutnya, dalam penyelenggaraan Diklat PIM III seperti ini, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan yang terkait dengan arah kebijakan sektor, wilayah, dan isu strategis nasional, dan selanjutnya memimpin perubahan tersebut hingga membuahkan hasil yang signifikan. “Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menjadi tolak ukur dalam menentukan keberhasilan setiap peserta Diklat PIM Tingkat III. Dengan demikian, pembaharuan Diklat PIM Tingkat III ini, diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memimpin perubahan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara Ir. Jeffry V. Senduk mengatakan, dalam mengikuti Diklat, dibutuhkan kualfikasi peserta didik. Disamping sebagai penjenjangan karir dituntut mampu memberikan kerja kreatif dan inovatif.  “Peserta didik kali ini akan ditempah sejumlah 40 orang pejabat mengikuti pendidikan yang dilaksanakan selama 60 hari dengan metode kelas On serta Kelas off,” tutupnya. Sambil berharap, kerja sama antara Pemkab Bolmong akan terus berkelanjutan. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: