Tahlis: Juknis Pemberian Gaji 13 Terbit

Sekot Tahlis Galang SIP,MM
Sekot Tahlis Galang SIP,MM

BOLMONG— Harapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), segera terwujud. Betapa tidak, Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati, telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) untuk pemberian tunjangan gaji 13 bagi ASN.

Ya, jika sebelumnya Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Ashari Sugeha mengatakan, masih menunggu Juknis dari Kemenkeu soal pemberian gaji 13. “Memang sudah ada informasi tapi juknisnya saya belum terima. Mudah-mudahan minggu ini sudah ada. Agar pekan depan mulai jalan pencairan,” ungkapnya belum lama ini.

Harapan tersebut terjawab setelah Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang SIP MM, Kamis (15/6) mengatakan Juknis untuk gaji 13 sudah terbit. Menurutnya, Juknis tersebut yakni Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan atas peraturan menteri keuangan Nomor 96/PMK.05/2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji, pensiun atau tunjangan ketiga belas (13) kepada ASN, Prajurit, TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara dan penerima pensiun atau tunjangan. “Juknis sudah ada, saat ini tinggal berkoordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD),” kata Tahlis.

Ditambahkan, daftar gaji mulai hari ini sudah bisa dijemput oleh Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Silakan para Bendahara OPD untuk komunikasi dengan BKD. Sebab Juknis telah di terbit,” tambahnya.

Sementara untuk waktu pencairan Tahlis menuturkan, itu tergantung OPD dalam mengajukan berkas. “Kalau berkas lengkap, besok pun sudah bisa dicairkan. Semua tergantung bendahara OPD,” tegas Tahlis.

Dirinya menghimbau, kepada bendahara OPD agar secepatnya mengajukan berkas ke BKD agar cepat dicairkan. Apalagi para ASN butuh untuk kebutuhan Hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim. “Saya harap besok Bendahara OPD secepatnya berkoordinasi dengan BKD. Agar gaji ke-13 segera dicairkan,” tutupnya. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: