Penyaluran Gaji 13 dan Gaji 14 Bertahap

Ilustrasi
Ilustrasi

PROBMR.COM, KOTAMOBAGU– Akhirya petunjuk teknis penyaluran gaji 13 dan gaji 14 dari pemerintah pusat dikantongi oleh pemerintah Kota Kotamobagu. Ini berarti pemerintah Kota Kotamobagu akan menyalurkan gaji 13 dan 14 kepada 2.800 Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun menurut Rio Lombone, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, untuk pembayaran akan dilakukan dalam dua tahap. Masing-masing untuk gaji 13, akan dilakukan pada bulan Juli 2107 mendatang, dan Gaji 14 akan mulai dilakukan akhir pekan ini juga. “Pencairan itu lancar dibayarkan. Jika seluruh bendahara sudah melakukan pengajuan dari masing-masing SKPD,” ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Anggaran Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Helfrits Lahimade menjelaskan, bahwa untuk pembayaran gaji ke 13 dan 14, dananya sudah ditata di APBD 2017. “Untuk keseluruhan, pemkot sudah menyediakan dana sebesar Rp 22 miliar. Sudah pasti akan segera kami bayarkan. Masing-masing, untuk gaji 13 ada Rp 11 miliar dan untuk gaji 14 juga 11 miliar. Jadi total 22 miliar,” rinci Helfrits.

Sementara itu, jika merunut dari peraturan pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2016, gaji 13 akan dibayarkan bulan Juni mendatang.  PP 19 Pasal 3 ayat 1 menyebutkan gaji, pensiun, atau tunjangan ke-13 bagi PNS, Prajurit, TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan sebagai dimaksud Pasal 2 ayat 1 diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni. Sementara Pasal 4 ayat 1 menyebutkan, pemberian gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum ketiga belas sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 ayat 3 huruf a dan dibayarkan pada bulan Juni. Pasal 4 ayat 2 disebutkan tunjangan kinerja ketigabelas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat 3 huruf a dibayarkan pada bulan Juli. (ddj)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: