10 Warga Bolmong Positif Mengidap HIV AIDS

Julin Papuling
Julin Papuling

BOLMONG— Warga masyarakat Bolaang Mongondow (Bolmong) harus lebih berhati-hati. Pasalnya, penderita penyakit HIV AIDS di Bolmong terus bertambah. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, 2017 ini ada sekira sepuluh orang yang positif mengidap  penyakit mematikan tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Bolmong Jullin Papuling mengatakan, tahun 2016 lalu ada 24 warga yang positif mengidap penyakit HIV AIDS. Sementara tahun 2017 ini, dari Januari hingga Juni ada sepuluh orang yang sudah positif mengidap penyakit tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, ketika mendapati khasus sepuluh  orang itu, pihaknya langsung melakukan penanganan. “Ya, ada yang kita rawat di Puskesmas, kemudian langsung dirujuk ke Manado untuk melanjutkan pengobatan,” ungkapnya Rabu (14/6).

Dirinya menghimbau supaya, warga harus selektif saat menggunakan alat-alat seperti gunting kuku, silet, juga barang lainnya yang biasa digunakan secara bergantian oleh banyak orang. “Memang harus berhati-hati menggunakan barang secara bergantian seperti itu. Apalagi kita tidak tahu apakah orang yang menggunakan barang itu sebelumnya mengidap penyakit menular atau tidak, tambah lagi kita tidak tahu kalau barang itu steril atau tidak,” himbaunya.

Dia mencontohkan, penggunaan gunting kuku. Menurutnya, kalau satu orang yang menderita penyakit HIV AIDS menggunakan gunting kuku sempat terluka, kemudian diganti dengan orang lainnya dan terjadi hal yang sama otomatis itu akan tertular. “Intinya kita harus hati-hati. Sebab, pencegah lebih baik dari pada mengobati,” tutupnya. (Ind)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: