Tahlis Resmi Dilantik Sekda Bolmong Definitif

IMG_20170608_095218

BOLMONG— Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow akhirnya secara resmi melantik Tahlis Gallang sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Bolmong Kamis (8/6).

Tahlis sendiri diambil sumpah dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan Sekda dari Plt Sekda Bolmong sebelumnya Ashari Sugeha, kemudia dilantik langsung oleh Bupati di kantor bupati Bolmong.

Yasti dalam sambutannya mengatakan, kiranya seluruh tugas dan tanggungjawab yang telah diamanahkan kepada Sekda yang baru, akan dapat dilaksanakan dengan baik serta dengan penuh rasa tanggung jawab. “Ya, sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), saya yakin kita semua tentunya telah memahami bersama bahwa pelaksanaan kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan seperti ini, bukanlah merupakan hal yang istimewa, ataupun hal baru dalam sebuah pemerintahan,” ungkap Yasti.

Pelantikan bagi seorang ASN, untuk duduk pada sebuah jabatan tertentu adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka untuk pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. “Ini juga merupakan bagian dari pola pembinaan karir bagi seorang ASN. Berkaitan dengan hal tersebut, pelantikan pejabat seperti ini hendaknya dapat dimaknai dari sudut pandang kepentingan organisasi dan bukan untuk kepentingan tertentu,” katanya.

IMG_20170608_095457

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, lanjut Yasti, Pemkab Bolmong telah melaksanakan tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk jabatan Sekda. Karena itu parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan Sekda saat ini, telah melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, serta nilai pengabdian dan komitmen akan tugas dan tanggung jawab kepada daerah dan masyarakat. “Pelaksanaan seleksi JPT ini juga telah sesuai dengan amanah dari UU no 5 tahun 2014 tentang ASN, dan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) No 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian JPT secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah,serta instruksi Presiden RI No 3 tagun 2014 tentang percepatan lengisian jabatan tinggi secara terbuka dan kompetitif,” jelasnya.

Dirinya mengingatkan, sekaligus memerintahkan kepada Sekda yang baru dilantik, agar melakukan berbagai upaya perbaikan serta pembenahan terhadap kinerja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya yang berkaitan dengan penata-kelolaan keuangan, pengawasan internal serta peningkatan semangat dan disiplin dari seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong. “Semoga melalui pengambilan sumpah dan pelantikan ini akan dapat semakin meningkatkan semangat dan motivasi dari kita semua, khususnya untuk dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, efektif dan efesien sebagaimana yang menjadi harapan dari kita semua,” tutupnya.

Sekedar diketahui, pelantikan tersebut turut dihadiri Forkopimda Bolmong, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat, Sangadi. (Ind/Adv)

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: