Bolmong

Kemenag Bolmong Gelar Aksioma

b3-3

BOLMONG– Tujuan menanamkan rasa ukhuwah Islamiyah serta mengembangkan kompetensi siswa madrasah, khususnya dalam bidang seni dan olahraga, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Tingkat Kabupaten Bolmong yang bertempat di lapangan Desa Ikhwan, Dumoga Barat pada Senin siang, (20/2) sekira pukul 10.00 Wita.

Dengan Tema “Melahirkan Generasi Bangsa yang Berintegritas dan Patriotisme sebagai Garda Kebhinekaan” tentunya kegiatan tersebut bertujuan untuk Meningkatkan prestasi siswa madrasah khusunya di bidang seni dan olahraga di setiap madrasah-madrasah yang ada di Bolmong.

Kepala Kantor Kemenag Bolmong, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Aksioma mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas Kemenag Bolmong yang sebelumnya bernama Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).

“Ya, ini merupakan Aksioma yang pertama kali digelar, sebelumnya bernama Porseni. Madrasah sangat dekat dengan masyarakat karena madrasah dibentuk, dibangun, dibiayai dan dicarikan siswa oleh masyarakat,” kata Pakaya.

Dirinya meminta bahwa seluruh masyarakat harus bijak dalam memfilter seluruh isi yang berkembang terkait konsep radikalisme yang sudah beredar di seluruh penjuru negeri ini. “Isu radikalisme dan intoleran yang sedang hangat agar diantisipasi oleh madrasah. Guru, orang tua siswa, dan masyarakat harus waspada agar madrasah tak dijadikan tempat tumbuh dan berkembangkanya paham radikalisme maupun intoleransi. Seluruh guru dan masyarakat harus paham makna kebhinekaan dan wajib menjaga kebhinekaan,” jelasnya.

Dirinya sangat mengapresiasi seluruh kepanitiaan yang telah melaksanakan kegiatan tersebut sehingga terlaksana dengan teratur. “Terima kasih kepada seluruh panitia dan siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga dapat melahirkan kader-kader yang berkompeten dalam bidang seni dan olahraga untuk bersaing di kancah Provinsi maupun Nasional,” ujarnya.

Smentara itu, sangadi Ikhwan dan Camat Dumoga Barat juga mengapresiasi dan mendukung secara penuh pelaksanaan kegiatan Aksioma ini, terlebih masyarakat Dumoga Barat khususnya Desa Ikhwan sangat haus akan hiburan dan keramaian sehingga Aksioma yang digelar secara terbuka menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Pembukaan diawali dengan Tari Kabela, diisi dengan hiburan Pencak Silat dan Marching Band. Terakhir seluruh peserta mewakili masing-masing madrasah melakukan De Vile disaksikan seluruh tamu undangan dan masyarakat.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Bolmong, Pengawas Madrasah, Kepala-kepala madrasah, Sangadi Ikhwan, Camat Dumoga Barat, Camat Dumoga Tengah, Kapolsek Dumoga Barat, Danramil Dumoga, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Dumoga Barat.

Terinformasi, bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama 1 Minggu yakni sejak 20 Februari 2017 hingga 28 Februari 2017. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Siswa-siswi utusan MI, MTs, dan MA negeri dan swasta di Bolmong yang berjumlah 830 siswa, 274 official yang merupakan utusan dari 8 MI, 10 MTs, dan 7 MA. (ind)

Berikut Kegiatan yang diperlombakan :

A. Olah Raga : Sepak Bola, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Volly Ball, Tenis Meja, Atletik, Senam Santri, dan Catur

B. Seni : Qosidah, Syarhil Qur’an, Kaligrafi, Vocalia, MTQ, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Arab, Busana Muslim, Puitisasi Alqur’an, dan Vocal Grup.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close